Senin, 26 April 2010

Tegal Siapkan Lahan Pembangunan PLTU

Pemerintah Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, akan menyiapkan lahan seluas 240 hektare untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga uap jika wilayahnya ditunjuk PT PLN sebagai lokasi pembangunan.

"Sejauh ini, PT PLN memang belum ada koordinasi dengan kami terkait dengan rencana untuk mencari lokasi pembangunan PLTU di pantura bagian barat," kata Asisten I Pemkab Tegal Haron Bagas Prakosa di Tegal, Minggu (18/4).

Menurut dia, dari informasi yang diterima, PT PLN telah menentukan sejumlah lokasi pembangunan PLTU yang dianggap potensial, yaitu di sepanjang pesisir Tegal sampai Kabupaten Kendal.

Jika PT PLN memilih Kabupaten Tegal, katanya, maka pemkab akan setuju dan menyambut baik dengan rencana tersebut karena di sejumlah wilayahnya cukup potensial untuk pembangunan PLTU.

"Lokasi pembangunan PLTU kami siapkan di Desa Demangharjo dan Banjarturi, Kecamatan Warureja dengan luas tanah 200 hektar lebih dan pilihan lokasi kedua di Desa Kedungkelor, Kecamtan Warurejo seluas 40 hektare," katanya.

Ia mengatakan, tanah yang berlokasi di Desa Demangharjo dan Barjarturi tersebut berstatus tanah milik negara sedangkan yang berada di Desa Kedungkelor, adalah tanah bekas milik PT Djarum.

"Tanah di dua lokasi tersebut, kami anggap cocok untuk pembangunan PLTU karena berada di daerah pesisir yang dari pemukiman penduduk," katanya.

Menurut dia, dari informasi yang diterimanya, PT PLN membidik kawasan pantai utara bagian barat Jawa Tengah untuk lokasi pengembangan PLTU.

"Berdasarkan informasi, PT PLN akan menetapkan lima opsi lokasi PLTU yang dianggap potensial, yakni di sepanjang pesisir Tegal sampai Kendal dengan investasi sekitar Rp30 triliun," katanya. (Ant/ICH)


Sumber :
http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/news/2010/04/19/15585/Tegal-Siapkan-Lahan-Pembangunan-PLTU-
19 April 2010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar