Senin, 26 April 2010

Kabupaten Tegal


Perekonomian Kabupaten Tegal banyak dipengaruhi oleh kegiatan perdagangan, pertanian dan industri. Dari kegiatan perdagangan, beberapa komoditi telah berhasil diekspor dan menghasilkan devisa seebsar US $ 1,4 juta. Komoditi tersebut adalah kayu olahan, sapu-sapuan, furniture, benang tenun, bracket, dan hanger.

Sementara untuk perdagangan lokal, dinamikannya terlihat dari banyaknya Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) yang diterbitkan pemerintah. Pada Tahun 2003, pemerintah menerbitkan 624 SIUP yang terdiri dari 510 SIUP baru, dan 114 SIUP mutasi. Untuk tempat berdagang, di Kabupaten Tegal terdapat 25 pasar umum/tradisional, 1 pasar swalayan, 1 pusat perbelanjaan, 1 pasar hewan, dan 2 pasar lainnya (pasar desa).

Pada sektor pertanian, untuk tanaman bahan pangan, produk yang cukup diandalkan antara lain padi, jagung, dan ketela pohon. Klaster padi cocok dikembangkan di Kecamatan Margasari, Balapulang, dan Pagerbarang. Sedangkan klaster jagung cocok dikembangkan di Kecamatan Margasari, Pangkah, dan Bojong. Sementara klaster ketela pohon cocok dikembangkan di Kecamatan Pangkah, Jatinegara, dan Bojong.

Produk yang cukup diandalkan lainnya adalah perkebunan, yaitu perkebunan kelapa, teh dan melati. Untuk peternakan, Produk unggulan Kabupaten Tegal adalah Ayam Kampung. Dengan populasi sebesar 1.324.409 ekor, populasi Ayam Kampung di Kabupaten Tegal menempati peringkat kedua se-Jawa Tengah setelah Kabupaten Brebes.

Kabupaten Tegal juga merupakan penghasil ikan laut. Produksi ikan laut dari daerah ini sebesar 646.505 Kg dengan nilai sebesar Rp 4,35 miliar.

Untuk kegiatan industri, sumbangan yang cukup besar bagi perekonomian Kabupaten Tegal berasal dari industri besar/sedang. Di daerah ini terdapat 82 perusahaan industri besar/sedang dengan mempekerjakan 9.427 karyawan. Konsentrasi industri besar terdapat di Kecamatan Kramat, Adiwerna, dan Margasari. Lebih dari 50 persen industri besar/sedang terdapat di tiga kecamatan tersebut. Karena itu, ketiga kecamatan tersebut cocok untuk klaster industri besar/sedang.


Sumber :
http://www.cps-sss.org/web/home/kabupaten/kab/Kabupaten+Tegal

Sumber Gmbar:
http://203.77.237.21/EINVEST/homepage/3328/wisata_tegal/0/index.htm
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/5b/Locator_kabupaten_tegal.png

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar