Senin, 26 April 2010

Bersama IPB, Kab Tegal Berdayakan Potensi Daerah

Telur Asin Anti Diare yang ditawarkan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) IPB, menarik perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal Provinsi Jawa Tengah. Tawaran lain yang juga diminati oleh Pemda ini adalah pelatihan peningkatan kualitas guru SMA oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA) IPB. Ketertarikan tersebut menggenapi kerjasama yang telah dilakukan Pemda Tegal dengan Fakultas Pertanian IPB sejak 5 tahun lalu, dalam kerangka pendampingan pengembangan klinik tanaman.

Agar tidak sekadar tertarik dan berminat, Pemda Tegal berencana mengadakan lokakarya bersama IPB pada Bulan Mei 2010 mendatang, atau bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tegal. Pada lokakarya ini diharapkan bisa memetakan peluang-peluang yang bisa dikerjasamakan dengan IPB.

Rencana lokakarya bersama ini langsung disuarakan oleh Bupati Tegal, Agus Riyanto, S.Sos,MM., saat menandatangani naskah kesepahaman bersama Pemkab Tegal dan IPB, Senin (19/4) di Ruang Sidang Rektor Gedung Andi Hakim Nasoetion Kampus IPB Darmaga Bogor. “Kami tidak ragu dengan kapasitas IPB. Karena itu, kami mempersilahkan IPB untuk mengeksplorasi potensi yang dimiliki Kab Tegal dalam rangka kemaslahatan bersama,” ujar Bupati yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Tegal, Sriyanto.

Gayung bersambut, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB Prof.Dr. Yonny Koesmaryono, serentak menugaskan Direktur Kerjasama dan Hubungan Internasional, Dr. Rinekso Soekmadi untuk menindaklanjuti rencana lokakarya tersebut.

Sebelumnya, Prof. Yonny mengundang siswa-siswi Tegal untuk melanjutkan kuliah di IPB. Kepada Bupati, Prof. Yonny menawarkan jalur masuk siswa melalui Beasiswa Utusan Daerah (BUD). Melalui jalur ini, siswa yang sudah menimba ilmu di IPB, diharapkan bisa kembali ke daerahnya untuk mengamalkan ilmu yang telah diperoleh. (nm)


Sumber:
http://www.ipb.ac.id/id/?b=1567
22 April 2010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar